10 Juli 2009

5 cara meningkatkan motivasi belajar

Motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila orang tersebut tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya. Oleh karena itu, dibutuhkan pengkondisian tertentu, agar diri kita atau siapapun juga yang menginginkn semangat untuk motivasi belajar dapat termotivasi. Ikuti tips berikut untuk meningkatkan motivasi belajar kita:

Pertama, Bergaullah dengan orang-orang yang senang belajar. Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kitapun gemar belajar.

Kedua, Belajar apapun. Maksudnya adalah belajar secara formal dan nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti merakit komputer, belajar menulis, membuat film, belajar berwirausaha, dan lain-lain sebagainya.

Ketiga, Belajar dari internet
Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar. Banayak cara untuk belajar dari internet misalnya dengan mengikuti milis. Milis dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat, pikiran, dan memotivasi diri.

Keempat, Bergaullah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif. Ada orang yang selalu terlihat optimis meski mempunyai banyak masalah. Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orang atau berada salam komunitas seperti itu dan sebaliknya.

Kelima, Cari motivator. Kadang-kadang, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Misalnya teman, pacar, ataupun pasang hidup. Andapun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/ komunitas yang dapat membantu mengarahkan atau memotivasi anda belajar dan meraih prestasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar