22 Juli 2009

Nasib YouTube Mungkin Semakin Baik

INILAH.COM, Jakarta – Sejak lama nasib situs berbagi video, YouTube dipertanyakan karena minimnya iklan yang didapat. Namun menurut Google, YouTube akan segera menghasilkan keuntungan dalam waktu dekat.

Google akan mendapat keuntungan yang diperoleh dari hasil pembuatan website video sharing di tahun 2006 sebesar US$1.65 miliar. Biaya menjalankan situs tersebut diperkirakan menjadi US$711 juta termasuk bandwidth, perizinan konten, periklanan, pendapatan saham, penyimpanan, dan perangkat keras.

Walaupun pada awalnya tingkat dukungan iklan di YouTube rendah, tapi Google melaporkan kenaikan 300% dalam satu tahun terakhir, menurut Reuters.

Eric Schmidt, chief executive Google mengatakan, YouTube sudah membantu pemasaran iklan Google yang menggunakan layanan video sharing.

Google melaporkan laba bersih sebesar US$ 1,48 miliar untuk kuartal kedua, naik 18% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Chief financial officer Google Patrick Pichette mengatakan format iklan baru di YouTube berhasil meningkatkan daya tarik pada pemasang iklan. "Dalam waktu yang tidak lama, kami melihat banyak keuntungan dan bisnis kami," katanya.

Awal tahun ini, analis keuangan memperkirakan kerugian tahunan YouTube antara US$174 juta hingga US$470 juta.

http://inilah.com/berita/teknologi/2009/07/21/130817/nasib-youtube-mungkin-semakin-baik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar